Minggu, 01 Februari 2009

Sukses Sejati

Kalau saya menjual bakso, satu mangkuknya saya jual tiga ribu rupiah. Kemudian ada pembeli yang menawar, maka dengan tegas saya akan katakan:”Kalau saya jual bakso ini tiga ribu lima ratus rupiah, Anda yang rugi. Kalau saya jual dua ribu lima ratus rupiah, saya yang rugi. Harga tiga ribu rupiah ini sudah pas Pak. Harga ini sudah islami, tidak lebih tidak kurang.”

Tapi ketika pembeli tadi menjelaskan bahwa ia butuh membeli bakso dalam jumlah banyak untuk suatu pertemuan dengan kawan-kawannya, padahal uangnya tidak cukup, maka saya akan menjawab:”kalau Anda hanya punya dua ribu lima ratus rupiah untuk semangkuk bakso, ya, tidak apa-apa, saya rela. Tapi harganya tetap tiga ribu rupiah.”. Mungkin pembeli itu akan bingung,”Lho maksudnya bagaimana Pak?” Saya akan menjelaskan:”Kekurangan Bapak yang lima ratus rupiah itu adalah keuntungan saya di akhirat nanti.”

Nampak sangat mendasar bukan?. Dalam kapitalisme sekuler, apa yang saya alami itu jelas suatu kerugian.tapi dalam model perniagaan islam yang sudut pandangnya dunia akhirat, itu merupakan suatu keuntungan. Saya telah falah, juga fa’iz, bahkan kemenangan dan keuntungan saya dari pengorbanan lima ratus rupiah itu tidak hanya saya nikmati setelah saya ke akhirat, tapi di dunia saya yakin ada pertolongan Allah yang justru berlipat, 700 kali lipat dari 500 yang saya korbankan tadi.

“Dan (dia berkata): “Hai kaumku, aku tiada meminta harta benda kepada kamu bagi seruanku. Upahku hanyalah dari Allah” QS. Huud:11

Kalau kapitalisme menganggap persaingan bebas sebagai media paling cocok untuk menggapai kesuksesan bagi kehidupan sekarang ini, kalau materialisme menganggap kekayaan materi sebagai simbol kesuksesan manusia di zaman ini, kalau hedonisme menganggap kehidupan glamor, mewah, dan hura-hura sebagai hasil dari kesuksesan, maka dengan bangga saya menyebut hanya muslim yang memiliki pemikiran paling visioner dan sejati. Perspektifnya jauh berbeda daripada yang lain.

2 komentar:

  1. wah bagus banget blognya, apalagi artikelnya, jadi smangat nich...!!!!
    makacih ya....

    BalasHapus
  2. mo dftar jg niiih..
    kl d bndung, dftar'y kmn ya???

    BalasHapus